breaking news New

MAKANAN KHAS BALI YANG ENAK DAN NIKMATNYA MENGGODA

Pulau Bali memiliki destinasi wisata yang berlimpah dan tentunya indah. Keindahan alam yang ditawarkan mampu membuat siapapun enggan untuk pulang. Selain tempat wisata dan budayanya, wisata kuliner Pulau Bali patut kamu coba. Banyak sekali ragam makanan yang bisa kamu icipi di sini. Berikut rekomendasi makanan-makanan khas Bali yang menggugah selera.

1. Nasi Tepeng
Nasi Tepeng merupakan masakan Bali lokal yang berasal dari Gianyar. Meski namanya berupa ‘nasi’, tetapi tekstur dari makanan ini agak lembut seperti bubur. Teksturnya yang empuk dan lembek ini cocok dinikmati dengan campuran rempah-rempah dan bumbu khusus.

Di Gianyar, nasi tepeng adalah makanan sarapan yang umum bagi penduduk setempat, dan aromanya yang menggoda di pagi hari menjadi kenikmatan tersendiri. Biasanya disajikan dengan ayam goreng, telur, nangka, kacang-kacangan, dan terong.

2. Bebek Bengil
Makanan khas Bali ini merupakan bebek goreng yang berasal dari Ubud dan menggunakan bumbu khas yang membuatnya begitu gurih. Bebek Bengil sering disebut juga sebagai dirty duck atau bebek kotor karena warnanya yang kecoklatan dan banyak bertabur bumbu. Ciri khas dari Bebek Bengil ini adalah tekstur bebek yang renyah sampai ke tulang sehingga semua bagian bisa Anda nikmati.

3. Bebek Betutu
Selain disajikan menggunakan ayam bebek juga bisa disajikan dengan bumbu betutu dengan rasa yang tidak kalah nikmat dengan ayam betutu. Rasa daging bebek yang khas berpadu dengan sempurna bersama bumbu betutu yang digunakan. Untuk membuatnya pun hampir sama dengan Ayam Betutu yang berbeda hanyalah bahan utama yang digunakan yaitu bebek.

4. Serombotan
Hidangan yang satu ini menyajikan campuran sayur-sayuran seperti kacang Panjang, bayang, kangkung, buncis, terong bulat, tauge, dan pare. Jika dilihat sekilas, mirip seperti urap sayur yang berada di pulau Jawa, tetapi yang membedakannya dari bumbu dan penambahan sambal merah pada makanan ini.

Bumbu dari sayuran ini terbuat dari bumbu yang bernama kalas, semacam santan berisi campuran kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kencur. Bumbu kalas pun dicampur lagi dengan bumbu kacang dan bumbu pedas.