Dukung Ukraina, Sejumlah Studio Game Donasikan Keuntungannya

Oleh : Bustommyzw | 2022-03-26 06:46:27

Rusia secara terbuka menyerang dan menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022. Setelah berminggu-minggu ramai pemberitaan atas meningkatnya ketegangan antara kedua negara ini yang mengabarkan ratusan warga Ukraina dilaporkan tewas oleh pemboman dan milisi oleh pihak Rusia.

Saat dunia menyaksikan peristiwa bersejarah dan menakutkan ini, berbagai upaya telah dilakukan untuk membantu palang merah Ukraina serta warga sipil dan para warga yang terlantar. Banyak dari upaya ini dilakukan oleh studio industri video game, dengan berbagai cara seperti bentuk kegiatan amal serta menunjukkan dukungan publik untuk Ukraina.

Adapun beberapa Studio Game yang beperan aktif mendonasikan keuntungannya :

Fortnite

Epic Games mengumumkan bahwa mulai 20 Maret hingga 3 April, semua hasil dari battle royale populernya yakni Fortnite, akan disumbangkan untuk bantuan kemanusiaan bagi orang-orang yang terkena dampak perang di Ukraina.

Beberapa hari kemudian official account Twitter Fortnite mengungkapkan bahwa para pemain Fortnite telah mengumpulkan 36 juta dolar.

Pembaruan : Pada 22 Maret 2020 Fortnite dan para pemainnya telah mengumpulkan lebih dari 50 juta dolar sebagai dana bantuan kemanusiaan untuk mendukung orang-orang yang terkena dampak perang di Ukraina.

Square Enix

Square Enix, penerbit dan pengembang di balik franchise Final Fantasy, mengumumkan pada 14 Maret bahwa mereka telah menyumbangkan 500.000 dolar kepada Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi sebagai bentuk dukungan terhadap warga sipil Ukraina yang terkena dampak invasi Rusia yang sedang berlangsung di negara itu.

Bandai Namco

Bandai Namco, penerbit di balik judul-judul seperti Elden Ring tahun ini dan banyak lagi, menyampaikan kepada publik pada 11 Maret bahwa mereka akan menyumbangkan sekitar 848.000 dolar kepada Save the Children untuk mendukung Ukraina.

Bandai Namco Group telah memutuskan untuk memberikan sumbangan sebesar 100 juta yen kepada Save the Children untuk mendukung Ukraina dalam bentuk donasi kemanusiaan bagi warga sipil yang terkena dampak krisis di Ukraina dan mencari perlindungan di luar negeri.


Niantic

Niantic, studio di balik game seperti Pokemon Go, mengungkapkan pada 10 Maret bahwa gamenya tidak lagi tersedia untuk diunduh di Rusia dan Belarusia sebagai tanggapan atas invasi Rusia yang sedang berlangsung ke Ukraina.

Nintendo

Nintendo adalah perusahaan terbaru yang menghentikan penjualan dan pengiriman produknya ke Rusia di tengah invasi berkelanjutan ke Ukraina.

Bergabung dengan Microsoft dan PlayStation dan lusinan studio game lainnya. Nintendo telah menghentikan kegiatan secara total pengiriman ke Rusia.

Namun, pihak Nintendo tidak mengatakan bahwa kebijakan ini mendukung Ukraina seperti kebanyakan penerbit dan studio lainnya.

PlayStation

Sony Interactive Entertainment mengumumkan pada 9 Maret bahwa mereka menangguhkan semua penjualan dan pengiriman hardware dan barang digital lainnya di Rusia di tengah invasi yang sedang berlangsung ke Ukraina.

Bergabung dengan studio game lainnya seperti Nintendo yang telah melakukan hal yang sama. PlayStation menunjukkan dukungannya untuk Ukraina dengan secara efektif memotong aktivitas penjualan pada Rusia.
Tags : Game, Ukraina